Semua yang Perlu Anda Ketahui Saat Memanggang Steak

Memanggang steak bisa jadi menakutkan—terutama ketika setiap orang memiliki pendapat berbeda tentang cara memasaknya. Tapi saya berjanji bahwa, pada kenyataannya, lebih mudah dan lebih cepat daripada memanggang ayam. Di bawah ini adalah panduan dasar kami tentang cara memanggang steak. Ikuti aturan dan waktu memasak kami, dan Anda akan menjadi bos panggangan dalam waktu singkat.

Pilih Potongan Steak Anda

Favorit kami sepanjang masa untuk memanggang: ribeye. Tebal dan indah, dengan jumlah lemak marbling yang ideal (alias rasa!), tidak membutuhkan bumbu. Kami juga menyertakan langkah-langkah untuk potongan lezat lainnya seperti flank steak, skirt steak, filet mignon, sirloin, tri-tip, dan strip steak. Setiap potongan menawarkan kombinasi kegemukan dan kelembutan yang berbeda.

Jika Anda bekerja dengan potongan yang lebih ramping, rendam!

Jika Anda punya waktu (bahkan hanya 30 menit!), rendam daging, terutama untuk flank dan skirt steak. Bumbu steak sayap kami sempurna, tetapi sangat, sangat mudah untuk membuatnya sendiri. Mulailah dengan minyak zaitun, lalu masukkan sesuatu yang kental (seperti cuka balsamic + mustard), sesuatu yang segar (herbal, jeruk, atau kombinasi keduanya), dan sesuatu yang manis (gula merah atau madu). Sirloin juga membutuhkan bumbu yang baik!

Simak Juga: Burger Jakarta Selatan

Tunggu Sampai Suhu Dingin Menghilang

Steak yang dikeluarkan dari lemari es akan matang secara tidak merata. Atur suhu ruangan Anda selama 30 menit sebelum memanggang

Buat Kerak

Pastikan bagian luarnya renyah dengan membumbui—ulangi setelah kami!—selimut tebal garam dan merica halal. Setiap pecinta steak sejati dan memberi tahu Anda garam dan merica sudah cukup, tetapi jika Anda ingin menambah rasa, cobalah bumbu serba guna seperti bumbu adobo atau bumbu kreol kami. Bumbui steak tepat sebelum meletakkannya di atas panggangan. Membiarkan garam di permukaan daging terlalu lama akan mulai mengeluarkan kelembapan, membuat permukaan steik basah dan tidak ideal untuk dipanggang.

Olesi Panggangan (bukan dagingnya)

Berikan kisi-kisi panggangan Anda perawatan besi cor untuk permulaan yang tidak lengket. Gunakan penjepit Anda untuk menyikat panggangan bersih dengan minyak titik asap tinggi (seperti kanola atau kacang tanah) di atas handuk kertas. Panaskan panggangan dengan api besar sampai minyak mulai berasap, lalu gosok grates sekali lagi, buat lapisan licin di grates.

Lihat Juga: Steak Tangerang

Langsung Dekat Api

Panas langsung berarti Anda memasak sesuatu langsung di atas api (apakah itu gas atau arang). Itulah yang memberi daging panggang arang gelap yang indah. Panas tidak langsung berarti Anda memasak makanan ke sisi sumber panas. Untuk steak, Anda terutama berurusan dengan panas langsung. (Panas tidak langsung lebih baik untuk makanan yang dimasak lambat seperti iga.)

Suhu Lebih Penting Dari Waktu

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah suhu. Anda mungkin melawan keinginan untuk mencari jumlah menit ajaib yang diperlukan untuk memasak steak di atas panggangan tetapi menggunakan suhu alih-alih waktu untuk menentukan kematangan berarti Anda akan dapat memanggang potongan apa pun untuk kesempurnaan setiap saat. Jika Anda tidak terlalu nyaman di dapur, ya, Anda harus membeli termometer daging jika Anda belum memilikinya. Jika Anda menyukai steak medium-rare, 130-135° adalah pilihan Anda. Untuk medium, itu 135-145 ° dan untuk medium-well, 145-155 °. Tolong jangan pergi lebih tinggi dari itu! Untuk semua bos panggangan Anda di luar sana, cara yang baik untuk memeriksa apakah daging sudah matang adalah dengan sentuhan. Seharusnya memberi sedikit di tengah tetapi bangkit kembali dengan cepat setelah Anda menekannya … tapi serius, tidak ada yang akan peduli jika Anda menggunakan termometer, terutama jika medium-rare yang sempurna ada di telepon.

Suhu panggangan sama pentingnya dengan suhu internal. Anda ingin membuat panggangan berteriak panas untuk memastikan permukaannya mendapatkan tanda arang yang indah dan mengembangkan banyak rasa.

Cek Juga: Steak di Jakarta

Tutup Panggangan Sepenuhnya

Untuk steak cepat masak dengan api langsung, sebaiknya tutup sepenuhnya. Menutup tutup panggangan paling baik untuk potongan besar yang membutuhkan panas tidak langsung.

Dibalik atau tidak

Meskipun ada banyak perdebatan tentang berapa kali steak harus dibalik selama memasak, itu benar-benar tergantung pada apa yang Anda inginkan. Mitos bahwa membalik lebih dari sekali menyebabkan jus ekstra bocor telah dibantah jadi apa manfaat sebenarnya, jika ada? Kami menemukan bahwa membalik steak sekali saja memungkinkan peluang yang jauh lebih tinggi untuk membuat tanda panggangan yang cantik dan profesional, sementara membalik beberapa kali memberi kami peluang lebih tinggi untuk mendapatkan kerak yang lebih rata.

Biarkan Steak Beberapa Saat

Jangan pernah berpikir untuk mengiris steak Anda sampai memiliki minimal 10 menit untuk menyegel semua jusnya yang luar biasa. Bungkus daging dengan kertas timah tipis-tipis agar panas tidak cepat keluar ke dalam ruangan.

Baca Juga: Tomahawk Steak Jakarta

Iris Kearah Serat

The “butir” daging menggambarkan penampilan serat otot pada daging mentah atau dimasak. Butiran akan terlihat sedikit berbeda tergantung pada potongan yang Anda pilih tetapi akan selalu menandakan arah serat otot. Pemotongan terhadap serat tegak lurus, ke arah serat otot, tidak sejajar, memastikan gigitan yang lebih lembut. Tujuannya adalah untuk memperpendek panjang serat, sehingga memudahkan pisau, garpu, dan gigi Anda untuk melewatinya.

Simpan sisa steak dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 4 hari. Untuk memanaskan kembali steak tanpa membuatnya terlalu matang, panaskan kembali dalam microwave dengan daya 60% dalam interval 30 detik.

Kunjungi Juga: Steak Terenak di Jakarta

This entry was posted in Kuliner, tips. Bookmark the permalink.