Perbedaan Antara Tabung dan Pipa

Pipa atau Tabung?

Dalam beberapa kasus istilah tersebut dapat digunakan secara bergantian, namun ada satu perbedaan utama antara tabung dan pipa, terutama dalam cara bahan dipesan dan ditoleransi. Tubing digunakan dalam aplikasi struktural sehingga diameter luar menjadi dimensi penting. Tabung sering dimasukkan ke dalam aplikasi seperti perangkat medis yang membutuhkan diameter luar yang tepat. Diameter luar penting karena akan menunjukkan seberapa besar daya tahannya sebagai faktor stabilitas. Padahal pipa biasanya digunakan untuk mengangkut gas atau cairan sehingga penting untuk diketahui kapasitasnya. Mengetahui berapa banyak yang bisa mengalir melalui pipa adalah kuncinya. Bentuk pipa yang melingkar membuatnya efisien saat menangani tekanan dari cairan yang mengalir melalui

Baca Juga: Lampu Explosion Proof

Klasifikasi

Klasifikasi pipa adalah jadwal dan diameter nominal. Pipa biasanya dipesan menggunakan standar Ukuran Pipa Nominal (NPS) dan dengan menentukan diameter nominal (ukuran pipa) dan nomor jadwal (ketebalan dinding). Nomor jadwal bisa sama pada pipa ukuran yang berbeda tetapi ketebalan dinding yang sebenarnya akan berbeda.
Tabung biasanya dipesan untuk diameter luar dan ketebalan dinding; namun, itu juga dapat dipesan sebagai OD & ID atau ID dan Tebal Dinding. Kekuatan tabung tergantung pada ketebalan dinding. Ketebalan tabung ditentukan oleh nomor pengukur. Angka pengukur yang lebih kecil menunjukkan diameter luar yang lebih besar. Diameter dalam (ID) adalah teoritis. Tabung bisa datang dalam berbagai bentuk seperti persegi, persegi panjang dan silinder, sedangkan pipa selalu bulat. Bentuk pipa yang melingkar membuat gaya tekanan merata. Pipa mengakomodasi aplikasi yang lebih besar dengan ukuran yang berkisar dari inci hingga beberapa kaki. Tubing umumnya digunakan dalam aplikasi di mana diameter yang lebih kecil diperlukan.

Memesan Tabung atau Pipa Anda

Tubing biasanya dipesan untuk diameter luar dan ketebalan dinding; namun, itu juga dapat dipesan sebagai OD & ID atau ID dan Tebal Dinding. Meskipun tubing memiliki tiga dimensi (OD, ID dan ketebalan dinding), hanya dua yang dapat ditentukan dengan toleransi dan yang ketiga bersifat teoritis. Tubing biasanya dipesan dan dipegang dengan toleransi dan spesifikasi yang lebih ketat dan lebih ketat daripada pipa. Pipa biasanya dipesan menggunakan standar Ukuran Pipa Nominal (NPS) dan dengan menentukan diameter nominal (ukuran pipa) dan nomor jadwal (ketebalan dinding). Baik tabung maupun pipa dapat dipotong, ditekuk, dibakar, dan dibuat.

Simak Juga: IS Barrier

Berikut 10 tip dari kami untuk memesan tabung dan pemipaan.

Karakteristik

Ada beberapa karakteristik utama yang memisahkan tabung dari pipa:

Bentuk

Pipa selalu bulat. Tabung bisa berbentuk persegi, persegi panjang, dan bulat.

Pengukuran

Tabung biasanya dipesan diameter luar dan ketebalan dinding. Tubing biasanya memiliki toleransi dan spesifikasi yang lebih ketat dan lebih ketat daripada pipa. Pipa biasanya dipesan menggunakan standar ukuran pipa nominal (NPS) dan dengan menentukan diameter nominal (ukuran pipa) dan nomor jadwal (ketebalan dinding).

Cek Juga: Jual Pipa Hitam

Kemampuan Teleskop

Tabung dapat diteropong. Tabung teleskopik sempurna untuk aplikasi potongan bahan yang berbeda untuk melapisi atau memperluas di dalam satu sama lain.

Tingkat Kekakuan

Pipa kaku dan tidak dapat dibentuk tanpa peralatan khusus. Dengan pengecualian tembaga dan kuningan, tabung dapat dibentuk dengan sedikit usaha. Pembengkokan dan penggulungan pipa dapat dilakukan tanpa distorsi, kerutan, atau keretakan yang berlebihan.

Pengaplikasian

Tabung digunakan dalam aplikasi seperti perangkat medis yang membutuhkan diameter luar yang tepat. Diameter luar penting karena akan menunjukkan seberapa besar daya tahannya sebagai faktor stabilitas. Pipa digunakan untuk mengangkut gas atau cairan sehingga penting untuk mengetahui kapasitasnya. Bentuk pipa yang melingkar membuatnya efisien saat menangani tekanan dari cairan yang mengalir melaluinya.

Lihat Juga: Distributor Pipa Galvanis

Jenis Logam

Tabung digulung dingin dan digulung panas. Pipa hanya canai panas. Keduanya bisa digalvanis.

Ukuran

Pipa mengakomodasi aplikasi yang lebih besar. Tubing umumnya digunakan di mana diameter kecil diperlukan.

Kekuatan

Tabung lebih kuat dari pipa. Tabung berkinerja lebih baik dalam aplikasi yang membutuhkan daya tahan dan kekuatan.

Kunjungi Juga: Tubing ss316

This entry was posted in Pengetahuan. Bookmark the permalink.