Apa itu Pipa Baja Galvanis?

Pipa baja galvanis adalah pipa baja yang telah dilapisi dengan seng. Lapisan ini melindungi baja dari korosi. Ini paling sering digunakan untuk konstruksi luar ruangan seperti pagar dan pegangan tangan, atau untuk beberapa pipa interior. Itu juga kadang-kadang disebut pipa besi galvanis. Pipa baja galvanis telah dilapisi dengan lapisan seng. Seng memberikan penghalang terhadap korosi sehingga pipa dapat terkena elemen lingkungan luar. Penghalang pelindung terbukti sama efektifnya terhadap kerusakan akibat kelembaban dalam ruangan.

Lihat Juga: Jual Flange

Sejarah Pipa Baja Galvanis

Proses galvanisasi pertama kali dibahas oleh para ilmuwan pada tahun 1770-an, hampir 60 tahun sebelum akhirnya diperkenalkan pada tahun 1830-an. Insinyur Prancis Stanislaus Tranquille Modeste Sorel mengeluarkan paten pertama untuk proses tersebut pada tahun 1937, dan mulai memproduksinya segera setelah itu. Pada tahun 1850-an, Eropa memproduksi baja galvanis dari pabrik yang berlokasi di sekitar benua. Amerika Serikat mengikuti tak lama kemudian, membuka pabrik pertamanya pada tahun 1870-an.

Untuk membuat pipa baja galvanis, bahan baja ditempatkan ke dalam bak cair seng. Proses ini juga disebut galvanisasi hot dip. Kedua logam secara kimiawi terikat satu sama lain dalam proses ini, dan karena itu tidak akan pernah terpisah, menghasilkan versi baja yang lebih tahan dan tahan lama.

PenggunaanPipa Baja Galvanis

Pipa Baja Galvanis digunakan dalam berbagai pengaturan. Sampai sekitar 30 tahun yang lalu, baja galvanis digunakan untuk pipa pasokan air dalam konstruksi. Ini digunakan dalam aplikasi luar ruangan di mana pun kekuatan baja diinginkan, seperti tiang pagar dan rel, perancah dan sebagai pagar pelindung.

Cek Juga: Jual Pipa Stainless

Masalah umum dalam penggunaan

Ketika digunakan sebagai pipa air, lapisan penghalang seng cenderung bereaksi terhadap mineral di dalam air, seringkali menyebabkan plak menumpuk di dalam pipa. Ini menghambat aliran air dan, dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan pipa pecah. Pipa galvanis dihubungkan dengan alat kelengkapan berulir yang juga dapat menyebabkan kebocoran ke pipa jika tidak dipasang dengan benar.
Jenis galvanis

Ada sejumlah metode penerapan pelapis seng dan masing-masing akan menentukan ketebalan lapisan dan daya tahan utamanya di lingkungan tertentu Jenis pelapis seng yang paling umum ditemui adalah:

– Pelapisan seng
– Pelapisan mekanis
– Lembaran galvanis terus menerus
– Kawat galvanis terus menerus
– Pipa dan tabung galvanis
– Galvanisasi umum atau hot dip

Apa itu Hot-Dip Galvanizing?

Hot-dip galvanizing (HDG), sebagaimana dirujuk adalah proses mencelupkan baja fabrikasi ke dalam ketel atau tong seng cair. Saat baja berada di dalam ketel, besi bereaksi secara metalurgi dengan seng cair untuk membentuk lapisan paduan yang terikat erat yang memberikan perlindungan korosi yang unggul pada baja.
Galvanisasi hot-dip adalah bentuk galvanisasi. Ini adalah proses pelapisan besi, baja atau aluminium dengan lapisan seng tipis, dengan melewatkan logam melalui rendaman seng cair pada suhu sekitar 860 °F (460 °C).

Kunjungi Juga: Jual Pipa Seamless

This entry was posted in Pengetahuan. Bookmark the permalink.