Memilih Jenis Selotip yang Tepat untuk Berbagai Jenis Pekerjaan

Selotip memiliki berbagai jenis sesuai dengan keperluan pekerjaan. Berikut ini jenis-jenis selotip yang sering digunakan di berbagai jenis pekerjaan:

Selotip Listrik

Juga dikenal sebagai “selotip isolasi,” selotip listrik terbuat dari plastik (paling umum vinil) dan digunakan untuk mengisolasi kabel listrik. Muncul dalam berbagai warna untuk menunjukkan tegangan. Selotip listrik juga bagus untuk pelabelan, peningkatan pegangan, dan pemasangan kabel.

Lakban

Lakban dianggap sebagai jenis selotip yang paling serbaguna, dan merupakan bahan pokok dari banyak pemilik rumah untuk berbagai proyek DIY. Lakban modern dibuat dengan kain tenun untuk memberikan kekuatan & fleksibilitas. Ini dapat digunakan hampir di mana saja diperlukan adhesi tugas berat, meskipun rentan terhadap panas tinggi dan meninggalkan residu saat dilepas.

Foil atau Selotip Logam

Jika Anda menangani pekerjaan HVAC di rumah, selotip aluminium foil harus menjadi pilihan Anda. Selotip foil tahan api, tahan dalam suhu ekstrim, dan menempel kuat dalam kelembaban tinggi. Jika Anda lebih suka tidak mengacaukan duct damar wangi untuk menyegel sistem HVAC Anda, selotip aluminium foil adalah alternatif yang solid.

Cek Juga: Cloth Tape

Masking Tape

Masking, atau selotip pelukis, adalah selotip multi guna berbasis kertas yang terutama digunakan untuk menutupi area selama proyek pengecatan interior dan eksterior. Karakteristik utama termasuk mudah sobek dan perekat bermutu rendah untuk mengurangi kerusakan dan residu pada permukaan setelah selotip dilepas.

Selotip Karpet

Seperti namanya, selotip karpet terutama digunakan untuk menempelkan karpet dan menjaga karpet tetap di tempatnya. Selotip karpet fleksibel, tahan lama, tahan lembab, dan biasanya memiliki perekat di kedua sisi. Selotip karpet satu sisi digunakan terutama untuk menggabungkan dua bagian yang lebih kecil untuk membentuk bagian besar dari karpet.

Selotip Pengemasan

Menurut Can-Do National Tape, sebenarnya ada empat jenis selotip pengepakan yang berbeda: selotip segel karton, selotip cetak, selotip perekat, dan selotip pelindung label. Masing-masing varietas ini dimaksudkan untuk bekerja dengan berat paket, ukuran, dan metode pengiriman tertentu. Sebagian besar pemilik rumah akan baik-baik saja menggunakan selotip kemasan plastik bening yang sebagian besar dari kita kenal – juga dikenal sebagai “Selotip Polipropilen.” Ini kuat, tahan lama, dan tahan terhadap robek atau pecah selama pengiriman.

Selotip Pemasangan

Penyewa mungkin yang paling akrab dengan selotip pemasangan, yang merupakan selotip dua sisi yang digunakan untuk menggantung, memasang, atau memajang barang di dinding interior tanpa menyebabkan kerusakan apa pun. Selotip pemasangan biasanya berbahan dasar busa, dan ukurannya bervariasi serta berdasarkan jumlah berat yang dapat ditopang dan diamankan ke permukaan.

Kunjungi Juga: Stationary Tape

This entry was posted in Pengetahuan. Bookmark the permalink.