Perawatan Pintu Garasi Musim Gugur dan Musim Semi

Perawatan pintu garasi sering kali diabaikan, tetapi pemeriksaan dan pemeliharaan musiman dua kali setahun harus menjadi bagian dari rutinitas Anda. Pintu garasi yang terbengkalai dapat membuat banyak tekanan pada pembuka pintu garasi otomatis, dan menghabiskan satu atau dua jam di awal musim semi dan akhir musim gugur setiap tahun dapat menyelamatkan Anda dari tagihan perbaikan yang mahal.

Ada beberapa langkah rutinitas mudah yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:

Perhatikan dan Dengarkan Pintu yang Sedang Beroperasi

Masalah dengan pintu garasi dan pembuka otomatis Anda sering kali terwujud dalam gerakan tersentak-sentak dan suara gesekan dan gesekan. Pintu garasi yang dirawat dengan baik dan disetel dengan baik relatif tenang saat bergerak naik turun, dan Anda seharusnya tidak melihat gerakan tersentak-sentak. Lihat kedua sisi sistem — pegas, katrol, dan kabel — dan pastikan semuanya terlihat simetris.

Kosongkan Trek

Periksa trek di kedua sisi pintu untuk memastikannya bebas dari kotoran dan karat. Anda juga dapat menggunakan level untuk memastikan trek tegak lurus (vertikal sempurna) di sepanjang bagian vertikal. Anda dapat melakukan sedikit penyesuaian sendiri, tetapi penyesuaian track utama adalah pekerjaan untuk teknisi profesional.

Kencangkan Perangkat Keras

Karena biasanya pintu garasi bergerak naik turun ratusan kali setiap tahun, gerakan dan getaran dapat melonggarkan pintu dan perangkat keras lintasan. Periksa braket yang menahan rel pintu ke dinding dan langit-langit serta pengencang yang menahan unit pembuka pintu garasi ke rangka. Gunakan kunci soket untuk mengencangkan baut longgar yang Anda temukan.

Lihat Juga: Harga Rolling Door Industri

Periksa dan Ganti Rol

Rol di sepanjang tepi pintu garasi harus diperiksa setidaknya dua kali setahun dan diganti setiap lima hingga tujuh tahun. Selama pemeriksaan Anda, gantilah roller yang Anda temukan ada yang retak, retak, atau aus. Sebagian besar rol dapat dilepas hanya dengan melepas braket yang menahannya ke pintu.

Peringatan: Jangan lepaskan braket rol bawah di setiap sisi pintu karena ini terpasang ke kabel angkat, yang berada di bawah tegangan ekstrim.

Periksa Kabel dan Katrol

Periksa kabel angkat dan katrol yang terpasang ke braket rol bawah di pintu. Ini menyediakan koneksi antara pegas dan pintu untuk membantu mengangkat dan menurunkan pintu dengan aman. Pintu garasi memiliki salah satu dari dua jenis pegas yang berbeda: Pegas tambahan Pegas ekstensi panjang, pegas tipis yang berada di sepanjang bagian horizontal (di atas kepala) dari setiap jalur pintu. Pegas torsi dipasang ke batang logam di atas bukaan pintu. Kedua jenis menggunakan kabel untuk mengangkat pintu.

Kebanyakan ahli menyarankan agar kabel dan pegas tidak boleh disentuh oleh pemilik rumah karena bagian tegangan tinggi ini bisa berbahaya. Jika Anda melihat ada untaian putus atau tanda-tanda keausan atau kerusakan pada kabel, hubungi petugas servis untuk mendapatkan bantuan.

Lumasi Bagian Yang Bergerak

Menjaga roller dan bagian bergerak lainnya terlumasi dengan baik akan mengurangi tekanan pada roller dan pembuka pintu serta memperpanjang masa pakainya. Dua kali setahun, oleskan pelumas semprot berkualitas tinggi, seperti minyak litium putih (yang tersedia dalam kaleng semprot), pada rol dan engsel, lalu seka kelebihannya. Jika ada rol atau engsel yang nampak macet, semprotkan dengan larutan, seperti WD-40, lalu lap bersih dan oleskan gemuk.

Juga, lumasi puli pada pembuka pegas ekstensi dan bantalan pada pembuka pegas torsi. Usapkan sedikit minyak pada pegas torsi jika sudah berkarat. Jika pembuka memiliki rantai atau sekrup logam, semprotkan gemuk litium putih pada rantai atau sekrup pembuka, tetapi jangan gunakan pelumas pada pembuka penggerak sabuk.

Cek Juga: Rolling Door Manual

Uji Keseimbangan Pintu

Jika pintu garasi Anda tidak seimbang dengan benar, pembuka pintu garasi harus bekerja lebih keras, dan tidak akan bertahan lama. Pintu harus diimbangi dengan baik oleh pegasnya sehingga hanya perlu beberapa pon tenaga yang diperlukan untuk mengangkatnya. Uji ini dengan menarik pegangan pelepas pada pembuka otomatis, lalu angkat pintunya secara manual hingga setengah terbuka. Pintu harus tetap di tempatnya tanpa bantuan Anda. Jika tidak, pintu tidak seimbang dengan benar atau pegas menjadi tua dan aus. Hubungi profesional untuk mendapatkan bantuan dengan pegas.

Uji Fitur Mundur Otomatis

Pembuka pintu garasi otomatis harus memiliki fitur auto-reverse yang dirancang untuk menghentikan dan membalikkan arah pintu jika mendeteksi ada benda di jalur pintu atau menabrak benda saat pintu ditutup. Sistem ini diaktifkan oleh sensor tekanan atau dengan sepasang fotosel di setiap sisi pintu.

Uji sensor tekanan dengan menempatkan papan memo 2×4 rata di atas tanah di jalur pintu. Ketika pintu turun dan menyentuh papan, itu harus berbalik arah dan naik kembali. Untuk menguji sistem fotolistrik yang memiliki sensor mata di setiap sisinya, mulailah pintu Anda ke bawah dengan arah menutup, lalu lewati kaki Anda di jalur pintu. Pintu harus berbalik arah dan mengarah ke atas.

Konsultasikan instruksi manual pembuka pintu garasi Anda untuk petunjuk tentang cara mengatur fungsi mundur otomatis. Pembuka pintu garasi lama yang tidak memiliki fitur dasar ini, yang sekarang diamanatkan oleh kode bangunan di banyak area, harus diganti.

Perbaiki atau Ganti Weatherstripping

Selaput karet yang terjepit di sepanjang bagian bawah pintu membantu menahan dingin serta air, debu, dan kotoran. Periksa dua kali setahun untuk memastikan kondisinya baik. Beberapa penjepit cuaca dipasang ke bagian bawah pintu menggunakan flensa yang meluncur ke dalam alur di bagian bawah pintu. Penjepit besi untuk pintu garasi kayu biasanya dipaku pada tempatnya. Penjepit pintu garasi dijual dengan kaki atau dalam gulungan besar di toko perangkat keras dan toko perbaikan rumah besar.

Jika pintu Anda memiliki gesekan di sepanjang sisinya, periksa juga kondisinya dan pasang kembali setiap titik yang longgar atau ganti seluruh panjang stripping jika sudah aus atau rusak parah.

Bersihkan dan Cat Pintu

Periksa pintunya sendiri saat Anda memeriksa komponen lainnya. Jika pintunya terbuat dari baja, cari bintik karat yang harus diampelas, dipoles, dan dicat. Pintu fiberglass dapat dicuci dengan pembersih serbaguna. Berikan perhatian khusus pada pintu kayu, karena lengkungan dan kerusakan air sering terjadi. Hapus cat yang terkelupas dan terkelupas, kemudian pasir dan cat ulang. Jika Anda memiliki pintu kayu yang tidak memiliki penjepit di sepanjang bagian bawah, pastikan tepi bawah ini tertutup rapat atau dicat, kemudian pasang penjepit benang.

Kunjungi Juga: Jual Rolling Door

This entry was posted in tips. Bookmark the permalink.