Apakah itu Sistem Fire Sprinkler?

Sistem sprinkler kebakaran adalah komponen aktif sederhana, namun penting, dari sistem proteksi kebakaran bangunan rumah tangga atau komersial.

Dipasang di langit-langit atau dinding samping, sistem ini terdiri dari pasokan air, sistem perpipaan distribusi air, dan kepala sprinkler. Alat penyiram membuang air secara otomatis saat api terdeteksi, meskipun tidak dipicu oleh asap. Ini mengontrol atau memadamkan api, begitu juga dengan sistem deteksi dan pemadaman kebakaran.

Sistem sprinkler telah ada sejak akhir abad ke-19, ketika dipelopori oleh Hiram Stevens Maxim. Mereka sekarang banyak digunakan di seluruh dunia, dengan lebih dari 40 juta kepala sprinkler dipasang setiap tahun. Suatu sistem umumnya akan melibatkan air yang ditahan di bawah tekanan dalam jaringan pipa yang mengalir melalui sebuah gedung.

Baca Juga: Pengisian Apar

Jenis sprinkler api

Ada empat jenis utama sistem penyiram api:

  • Pipa basah
  • Pipa kering
  • Membanjiri
  • Pra aksi

Dalam sistem sprinkler kebakaran pipa basah, jenis yang paling umum di bangunan tempat tinggal, air dingin disimpan di bawah tekanan di dalam pipa dan segera dilepaskan oleh kepala sprinkler ketika tingkat panas yang telah ditentukan tercapai.

Sistem sprinkler pipa kering membutuhkan waktu lebih lama untuk diaktifkan dan digunakan di gedung yang tidak dipanaskan / dihuni tempat pipa dapat membeku dan meledak. Gas nitrogen atau udara bertekanan disimpan di dalam pipa, dihubungkan ke tangki penyimpanan air atau pipa utama. Saat diaktifkan oleh api, udara bocor keluar dari pipa, menyebabkan air mengalir melalui pipa ke kepala sprinkler.

Sistem sprinkler banjir biasanya digunakan di area di mana kerusakan akibat kebakaran yang cepat menjadi perhatian utama, seperti ruang pemuatan gudang dan bangunan bertingkat tinggi. Dalam sistem ini, nosel selalu terbuka. Mereka dipicu oleh alarm yang membuka katup pelepas air.

Sistem sprinkler pra-aksi adalah kombinasi dari sistem pipa basah dan kering, biasanya digunakan di area berisiko tinggi kerusakan air. Air tidak disimpan di dalam pipa sampai api terdeteksi, saat air dilepaskan ke kepala sprinkler. Waktu respons secepat sistem sprinkler pipa basah standar. Sistem penyiram api otomatis juga tersedia dan efektif di area yang luas seperti kantor dan pusat perbelanjaan.

Penyiram SMART (Simultan Pemantauan, Penilaian dan Respon Teknologi), yang menggunakan lebih dari satu teknologi deteksi, dan harus bereaksi lebih cepat, saat ini sedang dikembangkan.

Alat penyiram yang mengeluarkan kabut air sebagai pengganti air, adalah alternatif lain.

Kunjungi Juga: Isi Ulang Pemadam Kebakaran

This entry was posted in Pengetahuan. Bookmark the permalink.