Teknologi Viewfinder Kamera dan Ragam Jenisnya

lensa kamera

Jendela bidik atau viewfinder kamera ialah komponen kamera yang diaplikasikan pengguna untuk mengamati tampilan keseluruhan gambar, memegang komposisi, memegang konsentrasi dan sebagainya. Dalam perkembangannya, terdapat sebagian tipe viewfinder pada kamera yang berbeda-beda.

Inilah sebagian tipe teknologi viewfinder kamera.
Masing-masing viewfinder kamera mempunyai ciri khasnya masing-masing, sehingga banyak diaplikasikan sebagai pembeda antara kamera yang satu dengan yang lain. Ini sebagian diantaranya:

Direct Optical Viewfinders yang lazim
Dapat dikatakan, Direct Optical Viewfinder ialah tipe viewfinder paling dasar di antara segala viewfinder. Viewfinder ini terpisah dari lensa yang adalah pintu masuk sinar menuju film atau sensor kamera.

Apa yang kita lihat lewat viewfinder akan sedikit berbeda dengan apa yang sesungguhnya tertangkap pada lensa. Tahapan ini disebut kekeliruan parallax, yang disebabkan oleh perbedaan posisi sudut pandang mata yang mengamati lewat viewfinder dan film atau sensor yang berada di belakang lensa. Sehingga hasil akhir foto akan sedikit bergeser ke pinggir atau ke bawah.

Fotografer yang telah lazim mengaplikasikan Direct Optical Viewfinder umumnya telah dapat memperkirakan kekeliruan parallax hal yang demikian. Mereka akan dengan sengaja sedikit menggeser kamera supaya hasil akhir foto pantas dengan yang diharapkan.

Lazimnya Direct Optical Viewfinders akan dengan gampang kau dapatkan pada Point and Shoot / Compact Camera. Beberapa besar Lomo Camera atau yang lazim diklasifikasikan sebagai Toys Camera juga mengaplikasikan teknologi viewfinder ini.

Waist Tahapan Viewfinders
Saat namanya, pengaplikasian Waist Tahapan Viewfinder memang diposisikan di sekitar pinggang. Tahapan ini disebabkan posisi viewfinder yang menghadap ke atas. Di antara segala tipe viewfinder, Waist Tahapan Viewfinder mempunyai ukuran yang cukup besar, membikin para penggemarnya dapat mengamati tampilan viewfinder dengan lebih luas.

Salah satu keunikan viewfinders ini ialah tampilan gambarnya yang terbalik antara kiri dan kanan. Biasanya kau menggeser kamera ke arah kanan, karenanya obyek akan tergeser ke kiri, semacam itu pula sebaliknya. Lazimnya, viewfinder ini ditemukan pada kamera medium wujud figur lama, tetapi sebagian figur baru serta kamera 35mm juga ada yang mengaplikasikan tipe viewfinder ini.

Tahapan berdasarkan salah satu tulisan dalam laman Petapixel, ada satu kiat penting yang perlu kau tahu kalau berharap mendalami Waist Tahapan Viewfinder. Carilah scene pada posisi waist tahapan, tetapi angkat kamera mendekati mata atau dekatkan matamu dengan viewfinder ketika berharap memegang konsentrasi. Tahapan ini bertujuan untuk menghindari kekeliruan konsentrasi serta komposisi sudut pandang.

Single Lens Reflex Viewfinders
Serupa dengan TLR, Single Lens Reflex (SLR) juga mengaplikasikan pantulan cermin. Bedanya, SLR cuma mengaplikasikan satu lensa untuk melaksanakan tugas kedua lensa TLR. SLR sudah mengalami perkembangan zaman, mulai dari Plate Camera dengan cermin yang dapat diputar untuk membuka jalan antara lensa dan film, sampai sekarang cermin hal yang demikian bisa terlipat secara otomatis ketika tombol shutter ditekan.

Optical Viewfinder
Optical Viewfinder (OVF) ialah sebutan untuk viewfinder yang memperlihatkan hasil orisinil kejadian sesungguhnya. Biasanya mengamati lewat OVF, segala perubahan yang terjadi seperti gelap jelas, konsentrasi, ruang tajam dan lain sebagainya ialah perubahan orisinil yang sedang dijalankan ketika memegang kamera dan lensa. OVF memperlihatkan progres alami, kejernihan, dan tentunya tanpa sela. OVF dapat berupa pantulan cermin seperti pada SLR atau penglihatan lantas seperti pada Direct Optical Viewfinder.

Sportsfinder, untuk memfoto super pesat
Sportsfinder ialah viewfinder yang dialamatkan untuk memfoto pesat. Tahapan ini dialamatkan supaya kita dapat membingkai obyek tanpa patut mengamati lewat tampilan LCD atau mengintip optical viewfinder.

Secara lazim, Sportsfinder terdiri dari dua pigura tanpa kaca yang akan menolong kita memutuskan obyek foto terbingkai dengan benar tanpa patut mengintip melalui optical viewfinder atau menyalakan layar LCD. Saat butuh waktu untuk membiasakan diri dan berlatih, pemakaiannya tak terlalu susah. Cukup sejajarkan posisi kedua pigura secara simetris, kemudian posisikan obyek foto di dalam kedua pigura hal yang demikian.

Baca Juga : CCTV Jakarta

Twin Lens Reflex Viewfinders
Twin-Lens Reflex (TLR) Viewfinders ialah komponen dari Waist Tahapan Viewfinder. Uniknya, kamera ini mengaplikasikan dua lensa kembar dengan focal length yang sama. Lensa pertama disebut sebagai “taking lens” atau lensa yang mengambil gambar, posisinya berada di komponen yang lebih bawah. Sementara, lensa kedua bertugas sebagai lensa yang memantulkan gambar ke viewfinder lewat cermin.

Saat Waist Tahapan Viewfinder, gambar yang di hasilkan pada viewfinder bersifat terbalik antara kiri dan kanan. Perbedaan posisi lensa juga menyebabkan kekeliruan parallax seperti pada Direct Optical Viewfinder. Bedanya, kekeliruan parallax pada TLR cuma menyebabkan gambar bergeser ke atas. – CCTV Jakarta

This entry was posted in TEKNOLOGI. Bookmark the permalink.