Bagaimana Memilih Sealant Yang Bekerja

Sealant apa pun dapat bekerja dengan baik dalam aplikasi yang tepat, tetapi mengetahui mana yang harus dipilih untuk pekerjaan Anda adalah hal lain. Panduan kami untuk sealant dan cara menggunakannya.

Saat memilih sealant, properti berikut biasanya yang paling penting:

toleransi gerakan (dinilai oleh Kelas per ASTM C920, dengan 25 berarti gerakan sambungan 25% dari dimensi lebar linier manik sealant)
kompatibilitas media
kemampuan kerja, terutama berdasarkan suhu
kemampuan untuk mengecat dan kebalikannya — pewarnaan substrat
biaya relatif
kehidupan pelayanan
konstituensi material dan konten berbahaya
Ada tujuh tipe dasar cairan sealant, sebagian besar berdasarkan kimiawi dan kekuatan serta keterbatasannya. Kesesuaian setiap sealant untuk aplikasi didasarkan terutama pada properti performanya, properti substrat, dan biaya. Sealant

Getah
Sealant lateks berbahan dasar air, mudah digunakan, mudah dibersihkan, dapat dicat, dan relatif lebih murah dibandingkan jenis sealant lainnya. Beberapa pelapis lateks premium mungkin sesuai untuk penggunaan luar (masa pakai yang sesuai) dan dinilai untuk pergerakan di kelas 12½ dan 25. Pelapis lateks mungkin paling cocok untuk aplikasi pelapis interior. Lem pipa pvc

Akrilik
Sealant akrilik juga dapat dicat tetapi berbasis pelarut dan lebih sulit untuk dibuat. Mereka lebih banyak digunakan dalam aplikasi komersial dan eksterior daripada lateks dan memiliki kapasitas pergerakan yang sangat terbatas (Kelas 7½). Sealant akrilik cenderung digunakan dalam konstruksi komersial pada sambungan dengan gerakan rendah. Biayanya cenderung dalam kisaran rendah hingga sedang. Pelapis anti bocor

Butyl
Butyl sealant adalah bahan karet sintetis berbasis pelarut yang menunjukkan daya rekat yang kuat ke berbagai jenis substrat. Mereka memiliki karakteristik pelapukan yang sangat baik tetapi cenderung berserabut dan sulit untuk diterapkan. Mereka umumnya memiliki akomodasi bergerak yang terbatas (Kelas 7½). Butyl sealant terkadang digunakan dalam sistem dinding gorden di mana diperlukan adhesi pada bahan karet. Biaya sealant butil cenderung ke kisaran sedang.

Kelompok berikutnya kadang-kadang disebut sealant “kinerja tinggi” dan paling sering digunakan dalam rakitan bangunan komersial.

Polisulfida
Sealant polisulfida terutama tahan air dan bahan kimia tetapi tidak mentolerir banyak gerakan siklik untuk sealant performa tinggi (Kelas 12½ –25). Penggunaannya di gedung paling umum di kolam renang dan lokasi lain di mana perendaman harus ditoleransi. Sealant polisulfida seringkali membutuhkan primer. Mereka cenderung relatif mahal.

Silikon
Sealant silikon digunakan dalam berbagai macam aplikasi bangunan karena karakteristik kinerja yang kuat: tahan UV, tahan suhu, kemampuan pergerakan tertinggi (Kelas 50–100), umumnya masa pakai lebih lama, dan kelenturan berkelanjutan seiring waktu. Sealant silikon dapat memiliki bau yang kuat dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh sepenuhnya. Mereka dapat digunakan secara struktural dalam rakitan kaca. Biaya untuk sealant silikon berada pada kisaran tinggi. Sealant silikon murni tidak bisa dicat.

Polyurethane
Sealant poliuretan kuat — bahkan tahan abrasi. Tidak seperti sealant silikon, sealant dapat dicat. Mereka memiliki daya rekat yang sangat baik dan kemampuan gerakan yang baik (Kelas 12½, 25, dan 50). Mereka bisa kaku dan lebih sulit untuk diterapkan dan alat daripada silikon dan tidak dapat digunakan dalam rakitan kaca struktural. Sebagai salah satu sealant “kinerja tinggi” (termasuk polisulfida dan silikon), dempul poliuretan relatif mahal.

“Hibrida” – MS Polimer
Hibrida adalah pendatang baru di dunia sealant; mereka memiliki rantai (silyl) yang memodifikasi sealant silikon dan poliuretan (MS singkatan dari silyl-modified), menggabungkan beberapa kekuatan masing-masing. Profil kimianya lebih baik karena bebas pelarut dan isosianat (lebih banyak tentang topik ini di blog terakhir seri ini).

Jadi mana yang harus saya gunakan?
Seperti kebanyakan bahan bangunan, jawabannya adalah, “Tergantung”. Informasi di atas dan dalam panduan produk yang Disetujui BuildingGreen kami akan sangat membantu untuk mencocokkan sealant cair terbaik dengan substrat, aplikasi, dan anggaran Anda.

Tetapi bagaimana dengan dua sifat lainnya: kehidupan pelayanan dan konstituensi material? Anda harus kembali untuk mengetahui lebih lanjut tentang ini. Posting berikutnya adalah tentang prediksi masa pakai sealant, dan seri ini akan ditutup dengan pertimbangan konstituensi material untuk sealant dan kaset.

 

8 tip teratas untuk memilih mesin fotokopi

 

This entry was posted in TEKNOLOGI. Bookmark the permalink.