Manfaat Berenang Sejak Bayi Serta Cara Memilih Pelampung yang Tepat

Ada banyak manfaat berenang yang mungkin kita sudah tahu. Tidak hanya bagi orang dewasa, berenang bagi bayi juga memberikan pengaruh bagi perkembangannya.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di dalam kolam renang bisa menolong bayi tumbuh menjadi lebih percaya diri dan cerdas.

Bagaimana mungkin? Berada di dalam air bisa melibatkan pergerakan semua organ tubuh bayi dalam metode yang unik, yang membantu mewujudkan triliunan neuron baru dalam otaknya.

Manfaat berenang bagi bayi

Gerakan lintas-pola bilateral, yang menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan gerakan renang, bisa menolong otak bayi berkembang secara optimal.

Gerakan tersebut membangun neuron pada otak, terlebih di bagian corpus callosum, yang memfasilitasi komunikasi, umpan balik, dan modulasi dari satu sisi otak ke sisi yang lain.

Pertumbuhan ini bisa meningkatkan:

– kesanggupan membaca
– perkembangan bahasa
– kesadaran spasial

Ketika berenang, bayi menggerakkan tangan mereka sambil menendangkan kaki. Dengan melakukan gerakan ini di dalam air, otak bayi Anda menerima rangsangan taktil dan daya tahan terhadap air.

Sebuah penelitian oleh Griffith University in Australia yang melibatkan lebih dari 7000 anak, menemukan bahwa anak yang berenang mempunyai perkembangan fisik dan mental yang lebih baik.

Secara khusus, anak umur 3-5 tahun yang berenang sejak bayi lebih maju 11 bulan dalam keterampilan lisan, 6 bulan lebih maju dalam keterampilan matematika, dan 2 bulan lebih maju dalam keterampilan bahasa.

Mereka juga 17 bulan lebih maju dalam mengingat cerita, dan 20 bulan lebih maju dalam memahami arah.

Selain itu, dalam sebuah studi di Jerman, anak-anak yang sudah mulai berenang semenjak umur 2 bulan hingga 4 tahun, lebih baik dalam penyesuaian diri dengan kondisi baru, mempunyai kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan lebih mandiri.

Penelitian lainnya juga memperkuat penemuan tersebut, bahkan menceritakan bahwa anak yang mulai berenang semenjak tahun pertama kehidupannya memiliki:

– penguasaan diri yang lebih besar
– harapan yang kuat untuk berhasil
– kepercayaan diri yang lebih kuat
– lebih nyaman dalam kebanyakan kondisi sosial

Selain mengajari anak berenang sejak bayi, kunci berhasil mengajarkan anak berenang yaitu dengan memilih perlengkapan berenang seperti pelampung yang sesuai dengan usianya.

Cek Juga: Ban Renang Anak

Cara memilih pelampung bayi

Untuk bayi di bawah umur 6 bulan, orang tua sebaiknya memakaikan pelampung leher (neck ring) pada bayi. Pelampung jenis ini memungkinkan semua tubuh bayi bergerak dengan bebas di dalam air, sekaligus memastikan bagian kepalanya tetap berada di atas air.

Ketika bayi sudah lebih besar dan pelampung lehernya sudah tidak nyaman digunakan, cobalah pelampung jenis swim trainer. Pelampung ini mempunyai bantalan udara di bagian bawah untuk mengangkat posisi perut dan dada anak dengan baik.

Pelampung jenis puddle jumper ini cocok digunakan pada anak umur 1 tahun ke atas. Dengan pelampung ini anak lebih dapat bergerak bebas dan melakukan gerakan memutar yang sulit dilakukan apabila memakai pelampung lainnya.

Kelebihan pelampung ini dibandingi pelampung tangan biasa adalah bantalan dadanya yang lebih dapat mengangkat tubuh anak. Sehingga anak tidak berisiko tertelan air disaat berenang.

Jadi tunggu apa lagi, ayo ajak anak anda untuk berenang!

Kunjungi Juga: Toko Peralatan Renang

 

This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.