Pentingnya Afrika Untuk Bangsa Kita Indonesia


Dikala itu para peserta menyadari mereka dapat terkoneksi dengan komponen dunia lain dan membikin perubahan. Konferensi Bandung hal yang demikian mengobarkan motivasi kebersamaan dan solidaritas. – Tour Afrika Selatan

Menurutnya, dikala ini Indonesia perlu sudut pandang lain dalam melihat Afrika. Dino menyadari banyak orang berdaya upaya Afrika erat kaitannya dengan AIDS, kelaparan, perselisihan dan perang.

Ia menyebut dari 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, enam di antaranya berada di Afrika. Bank Dunia mengatakan Afrika merupakan satu wilayah yang melaksanakan reformasi terbaik. Kemiskinan di Afrika turun sampai di bawah angka 50 persen.

Ia meyakini investasi retail, komoditi dan daya akan naik. Sebagian tahun lagi jumlah kelas menengah juga akan naik.

Seminar hal yang demikian bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai potensi sebenarnya dan bermacam-macam kemajuan negara-negara Afrika di kalangan para pemangku kepentingan Indonesia. Seminar sekalian sebagai sarana memperkuat kerjasama RI-Afrika ke depan, terutamanya dalam perspektif negosiasi ekonomi.

Seminar menghadirkan sebagai pembicara Duta Besar Afrika Selatan, Nigeria dan Tunisia dan Sudan untuk Indonesia serta para CEO perusahaan Indonesia yang sudah berkecimpung di Afrika. Acara hal yang demikian juga mengundang perwakilan dari kementerian dan institusi pemerintah berkaitan, pelaku bisnis, akademisi, mahasiswa serta Korp Diplomatik di Jakarta.

Dengan penduduk sekitar satu miliar, kekayaan alam berlimpah, tingkat pertumbuhan ekonomi yang dinamis serta kelas menengah dengan kekuatan beli yang terus meningkat, Afrika sekarang diproyeksikan sebagai benua masa depan.

Afrika diyakini menjadi salah satu wilayah yang menjadi penyangga kemakmuran dunia dalam kurun 30-50 tahun ke depan. Afrika merasakan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dengan rata-rata 4,7 persen selama jangka waktu 2009-2013 dan berada di atas pertumbuhan ekonomi dunia.

Berdasarkan IMF, pada 2013 terdapat enam negara Afrika di antara 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia, ialah Sudan Selatan dengan 27,06 persen, Sierra Leone 20,12 persen, Ethiopia 9,6 persen, Pantai Gading 8,7 persen, Liberia 8,6 persen dan RD Kongo 8,5 persen.

Afrika juga terus mengalami kemajuan di bermacam-macam bidang seperti progres demokratisasi, HAM, keamanan dan tata pemerintahan yang bagus. Terdapat pergeseran karakteristik kepemimpinan yang terefleksi dari munculnya pemimpin-pemimpin teknokrat.

Di samping itu, sejumlah organisasi subkawasan Afrika sudah mengarah pada integrasi di bermacam-macam bidang terutama politik dan ekonomi. Bermacam kemajuan yang ditempuh oleh negara-negara di Afrika membuka kesempatan kerjasama perdagangan dan investasi di bermacam-macam sektor dan perlu dikenal oleh bermacam-macam kalangan di Indonesia.

 

Kunjungi Juga : https://archipelagotraveller.com/international-destination/

This entry was posted in Travel. Bookmark the permalink.