Keindahan Kolam Renang Alam Laguna Weekuri di Sumba

tour sumba

Tidak hingga berjalanan tiga menit dari parkiran kendaraan beroda empat, menonjol sebuah laguna luas dengan air berwarna toska bening.

Perjalanan satu jam dari Bandar Tambolaka ke Laguna Weekuri yang berlokasi di kecamatan Kodi, Sumba Barat Day, Nusa Tenggara Timur lantas terbayar lunas dikala mengamati penampakan kolam renang alam ini.

“Orang sini ucapnya danau air asin, sebab airnya berasal dari air laut yang masuk melewati lubang-lubang di karang,” kata warga lokal, Oktavianus Ae Dudu dikala Kami mengunjungi Laguna Weekuri yang menjadi komponen dari acara kunjungan KFC Indonesia dan Sosial 1.000 Guru di Sumba, NTT, Rabu (15/8/2018) lalu.

Baca Juga: sumba trip

Di sekelilling laguna, terdapat barisan batu karang gosong. Bagai dinding yang melindungi laguna dari terjangan ombak laut. Oleh sebab itu air di Laguna Weekuri sama sekali hening, tak mempunyai ombak. Laguna ini berbentuk oval dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar 50 meter.

Gemuruh ombak terdengar dikala ombak laut pasang. Mengisi air di laguna, hingga kedalaman dapat menempuh 2,5 meter. Dikala surut, airnya kering menampakan pasir putih di komponen dasar laguna.

Kecuali berenang, aktivitas lain yang bisa dilaksanakan di Laguna Weekuri merupakan berburu foto sang surya terbenam. Dari jembatan kayu yang dibangun, menonjol sang surya karam dengan semburat sinar warna merah muda dan ungu di langit Sumba.

Fasilitas di Laguna Weekuri terbilang bagus, dengan dibangun jembatan kayu, jalan setapak dari beton, anjungan lompat ke laguna, tangga besi untuk turun ke laguna, WC, penyewaan ban, dan kios yang dikelola masyarakat.

Walaupun cantik, jalan menujur Laguna Weekuri tak gampang. Tidak ada penunjuk jalan, dan seperempat jalan menuju laguna belum diaspal.

“Banyak driver memang yang nyasar seandainya belum terbiasa bawa tetamu ke Weekuri,” ujar Oktavianus.

Tidak dipungut tarif untuk mengunjungi Laguna Weekuri, melainkan dipungut tarif parkir kendaraan beroda empat oleh masyarakat setempat. Datanglah sekitar pukul 15.00 WITA seandainya berharap berenang dan mengamati panorama sang surya karam dari Laguna Weekuri.

Karena jelang sang surya karam air di laguna surut, dan belum ada penerangan jalan untuk pulang seandainya terlalu malam. Kecuali itu jagalah kebersihan, sebab di jalan sekitar laguna menonjol tumpukan sampah plastik dari camilan dan makanan.

 

Baca Juga: tour sumba

This entry was posted in Travel. Bookmark the permalink.