Yuk Mengenal Komponen Mesin Las dan Cara Memperbaiki Mesin Las yang Rusak

las listrik

Penggunaan mesin las sangat penting dalam sektor industri, harga yang cukup mahal membuat penggunaannya harus sangat hati-hati. Karena apabila rusak akan memakan waktu dan uang yang cukup besar untuk memperbaikinya.

Bagian bagian las listrik.Pada dasarnya bagian las listrik hampir tak jauh beda dengan bagian pada biasanya, Cuma saja benar-benar langkah warung yang menyetok alat bagian pada las hal yang demikian.

 

1. Rangkaian Kapasitor las

Kapasitor sendiri berfungsi sebagai saringan atau pembersih dari tegangan kumal pada arus Dc supaya singkron.

Kecuali dari saringan kapasitor sendiri memiliki fungsi sebagai penyimpan tegangan, yang berfungsi menyestabilkan lonjakan arus sehingga arus konsisten dalam pengeluaran dengan poin yang sama.

 

2. Dioda

Mungkin beberapa dari anda sudah tahu fungsi alat ini.Ya dioda berfungsi sebagai perubah arus ac atau arus bolak balik menjadi arus dc atau arus sejajar.

 

3. Soft Star

Soft Star yaitu sebuah rangkaian yang berfungsi untuk membendung dari sumber tegangan yang naik atau tinggi pada dikala star atau stat awal.

 

4. Ocilator pada Mesin Las

Ocilator pada mesin atau trafo las berperan sebagai pembangkit gelombang triger yang akan di pakai untuk mengerakan/sebuah rangkaian  switching .

 

5. Power suplay

Regulator pada lasPada Las sendiri power suplay regulator berfungsi sebagai halnya seperti trafo, Melainkan power suplay lebih bagus dari trafo karna api atau arus yang keluar dari power suplay konsisten stabil meskipun terjadinya lonjakan spaning tinggi pada listrik.

 

6. Driver

Pada Mesin lasKegunaan di dalam elektronik atau Perangkat keras bahkan sama, Cuma fungsi dari pada program hal yang demikian yang beda.

Driver pada Mesin las sendiri  berfungsi  sebagai penguat gelombang gelombang osilasi..supaya sanggup menswith bagian bagian pada switching seperti mosfet dan igbt dan lainnya.

 

7. Induktor pada Mesin las

Induktor pada mesin las berpungsi untuk MemFilter arus Dc yang berasal dari dioda dan Memfilternya lagi supaya menjadi arus Dc yang murni atau tak ada campuran AC.

 

8. Trafo

Osilasi pada Mesin lasTrafo Osilasi Berfungsi sama halnya seperti Ic optocoupler, Bagian Berperan sebagai Pembatas sebuah tegangan tinggi dan rangkaian Kontrol.

 

9. Switching

Switching sendiri berfungsi sebagai switching transformator sehingga trafo sanggup mengeluarkan arus atau tegangan yang layak keperluan untuk  pelaksanaan pengelasan.Bagian switching sendiri Banyak memakai bagian mosfet, igbt dan bgt.

 

Langkah Memerbaiki Mesin Las yang Sempurna Mati Jikalau

Berikut ini yaitu langkah langkah untuk mengkoreksi mesin las yang sudah mati total:

1. Cek colokan listrik

Periksalah jek atau colakan listrik pada las.

 

2. Periksa saklar

kontak on dan of pada las apakah berfungsi atau tak.

 

3. Umumnya si trafo atau mesin las mengalami permasalahan mati total

Cobalah periksa pada komponen power suplaynya apakah ada arus atau tak.Maka pada trafo yang mati sempurna acap kali terjadi pada power suplay nya yang rusak, coba cek pada rangkaian power suplai seperti elco atau yang lain apakah terjadi kebocoran atau hangus.

 

4. Periksalah pada komponen Ic

Atau jikalau mesin anda mengaplikasikan ic seperti pada no 8 diatas.

 

5. Driver

Cek juga pada komponen driver mesin las apakah berjalan normal atau tak.Pada kerusakan driver sendiri hakekatnya agak kompleks, Tidak wikita sarankan untuk Benar benar memilih Tukang servis yang handal dan rapi.

Kerusakan pada driver sendiri umumnya akan mengulang jikalau tukang service berprofesi kurang bagus.

Mungkin itu saja bahasan aku kali ini, jikalau ada kurangnya mohon sama sama membenarkan dan mengkoreksi.

Ada manusia yang total dan tak ada batasan untuk berupaya dan belajar, kiat aku jangan takut dalam melaksanakan sesuatu, Bagian terutamanya yaitu Tahu dasar dasar dari pada profesi hal yang demikian

 

Baca Juga: mesin diesel

This entry was posted in Industri. Bookmark the permalink.