Rahasia Rumah di Wilayah Gurun Sangat Adem

rahasia rumah

Rumah di wilayah Alice Springs, Australia, itu tak menyingkirkan situasi sekeliling rumah.

Dunn & Hillam Architects mengaku, mereka justeru “berprofesi sama” dengan iklim di lokasi rumah. Akhirnya, interior rumah itu mempunyai suhu yang nyaman bagi penghuninya. Keistimewaan tak cuma datang dari tampilan eksterior saja. Metode yang diaplikasikan Dunn & Hillam Architects dalam membatasi suhu di dalam atap rumah itu justeru menjadi tenaga tarik sebetulnya.

Seperti diceritakan dalam website resminya, Dunn & Hillam Architects menyuarakan bahwa lanskap Alice Springs nampak luar umum. Karakteristik alam di sekeliling rumah demikian itu istimewa. Kontur tanahnya seolah “membatasi” wujud dan orientasi rumah. Tapi, berdasarkan mereka, hal hal yang demikian bukan problem. Desain rumah hal yang demikian bahkan nampak kian istimewa. “Desainnya bertujuan untuk menempuh kehidupan paling bagus di daerah ini.

Klien kami mencintai tempat gurun, mereka menyenangi panorama luas, kehangatan gurun, dan dikala cuaca buruk, mereka berkeinginan menghadapinya dengan metode tercerdas. Mereka berkeinginan mencari pendekatan inovatif di bidang perumahan, tak cuma untuk tempat gurun, tapi segala dunia,” ujar para arsitek. Sekilas, rumah itu nampak simpel. Nuansa warna putih, abu-abu, dan dialek kayu yang menyelimuti eksterior rumah ini membuatnya nampak modern.

Sekilas, rumah itu nampak simpel. Nuansa warna putih, abu-abu, dan dialek kayu yang menyelimuti eksterior rumah ini membuatnya nampak moderen. Tapi, keistimewaan tak cuma datang dari tampilan eksterior saja. Metode yang diaplikasikan Dunn & Hillam Architects dalam membatasi suhu di dalam rumah itu justeru menjadi tenaga tarik sebetulnya. Rumah itu mempunyai insulasi tebal, tapi tak mempunyai penghubung termal. Rumah itu dapat memasukkan udara dingin dari komponen bawah plafon rumah yang adem.

Akhir-akhir ini mulai marak pembangunan atau pemugaran kantor-kantor pemerintahan. Sebagian di antaranya bahkan dirancang dengan corak arsitektur luar negeri. Ucap saja Kantor Bupati Rokan Hilir, Kantor Walikota Palopo, sampai gedung Istana Wali Nanggroe di Aceh. Sekilas, wujud gedung-gedung ini mempunyai kemiripan dengan Gedung Putih atau bangunan serupa, ialah berwana putih, besar, komplit dengan pilar dan kubah.

Kesan megah malahan segera terasa dikala memperhatikan atau malahan menjelang bangunan-bangunan pemerintahan ini. Tapi berdasarkan arsitek yang juga Ketua Badan Pelestarian Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Aditya W Fitrianto, hal hal yang demikian justru tak mencerminkan arsitektur Nusantara. “Amat disesalkan marak pembangunan fungsi pemerintahan di tempat mengaplikasikan langgm atau gaya arsitektur yang tak mencerminkan kekayaan khazanah arsitektur Nusantara,” ujar Aditya menjawab. Pengunjung Sedang Berswafoto di Depan Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Menurut Mirip Dengan Istana Negara.

 

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.