Punya Rumah dengan Gaji Di bawah Rata-rata

Salam sejahtera. Aku seorang bapak dengan satu si kecil yang berusia tiga tahun. Aku mempunyai penghasilan Rp2 juta per bulan. Kami belum memiliki rumah, masih menumpang di mertua. Melainkan kami mengharapkan mempunyai rumah dengan kencang sebab malu dan menjaga harga diri.

Bagaimana agar kami dapat punya rumah dengan penghasilan yang terbatas? Terima beri atas perhatiannya.

Salam Sejahtera juga saudara Mardia. Terima beri atas pertanyaan yang saudara ajukan terhadap kami Team MRE. Saudara Mardian sungguh gembira memiliki si kecil berusia tiga tahun yang sedang lucu lucunya.

Mertua saudara Mardia juga pasti bersuka cita dengan ketidakhadiran cucunya di dekat dengan mereka. Tapi kami juga paham kemauan bapak untuk mempunyai rumah sendiri. Kami mencoba menjawab pertanyaan saudara Mardia dengan kabar yang saudara berikan.

Kemauan saudara untuk mempunyai rumah sendiri sungguh benar-benar bagus walau untuk mewujudkannya tentu tak gampang kita wujudkan. Kita mengenal harga rumah setiap tahun naik terus, kalau tak membeli ketika ini tahun depan nilainya pasti naik lagi.

Dikala ini mungkin Anda bisa menanyakan berapa harga rumah yang Anda inginkan. Tanyakan juga bagaimana pembayarannya apakah bisa di KPR kan? Berapa kaprah kaprah angsurannya? Berapa tarif-tarif yang kita keluarkan kecuali untuk membeli rumah hal yang demikian? Misal pajak untuk jual beli, tarif notaris dan lain sebagainya.

Sekiranya kita belum memiliki uang muka ketika ini, kita persiapkan dulu uang muka hal yang demikian. Biasannya besarnya uang muka itu sebesar tiga puluh persen dari harga rumah.

Langkah pertama yang kita lakukan, sisihkan 20-30 persen dari penghasilan kita untuk ditabung. Dengan penghasilan dua juta rupiah kita bisa menabung sebesar Rp400 ribu hingga Rp600 ribu.

Lumayan besarkan? Saudara sesungguhnya mujur tinggal di rumah mertua sehingga tak perlu membayar sewa rumah. Sehingga memungkinkan saudara untuk menabung lebih banyak lagi. Jadi sementara saudara konsisten tinggal di rumah mertua dulu, jangan sebab malu lalu menyewa rumah yang akan memunculkan tarif.

 

 

Sumber : Fastwork

 

 

This entry was posted in Bisnis. Bookmark the permalink.